Tim Asesor BAN PT Lakukan Assemen Lapangan Daring Prodi PLS STIKIP Catur Sakti

Tim Asesor BAN PT Lakukan Assemen Lapangan Daring Prodi PLS STIKIP Catur Sakti

Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem penjaminan mutu eksternal Perguruan Tinggi untuk meningkatkan  mutu  Perguruan Tinggi. STIKIP Catur Sakti berkomitmen kuat dalam meningkatkan mutu baik dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, sumber daya manusia (SDM), kemahasiswaan, dan fasilitas penunjang perkuliahan.

Komitmen inilah yang kemudian mendorong civitas akademik STIKIP Catur Sakti untuk mempersiapkan diri sehingga dapat dilakukan Assesmen Lapangan Daring oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).   Assesmen lapangan daring untuk Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) STIKIP Catur Sakti diselenggarakan selama dua hari yaitu pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 12-13 Mei 2023.

 

“Tim asesor yang bertugas adalah Prof. Dr. H. Mustofa Kamil, M.Pd dari Universitas Pendidikan Indonesia, dan Dr. Deny Setiawan, M.Pd dari Universitas Negeri Medan. BAN PT menugaskan kedua asesor tersebut untuk melakukan assesmen terhadap kesesuaian antara borang akreditasi yang telah dikirimkan oleh prodi PLS ke BAN PT dengan bukti penyelenggaraan pembelajaran,” papar Suwanto, Dosen STIKIP Catur Sakti, dalam keterangannya. 

Dikatakan, kegiatan assesmen lapangan dihadiri oleh Ketua Yayasan Pembangunan Catur Sakti, Ketua STIKIP Catur Sakti, Puket I, Puket II, Puket III, LPPM, LPM, dosen, serta perwakilan alumni, dan stakeholder. Ketua STIKIP Catur Sakti Dr. Eli Suherli, M.M.Pd membuka kegiatan asesmen lapangan dengan mengucapkan terima kasih atas kesediaan para asesor BAN PT untuk melaksanakan assesmen lapangan di prodi PLS STIKP Catur Sakti.

“Selain itu, Ketua STIKIP Catur Sakti juga memohon bimbingan serta arahan dari para asesor selama pelaksanaan assesmen berlangsung.  Asesmen lapangan hari pertama terdiri atas beberapa sesi, di antaranya adalah sesi bersama pimpinan program studi dan lembaga pendukung, sesi bersama tenaga kependidikan seperti pustakawan serta Kepala Laboratorium, sesi bersama perwakilan alumni dan sesi bersama mahasiswa,” terang Suwanto.

Dilanjutkan dengan hari kedua yang berisi sesi wawancara dengan dosen, pengguna jasa alumni STIKIP Catur Sakti serta para mitra yang menjalin kerjasama dengan STIKIP Catur Sakti, yang kemudian dilanjutkan Tim Asesor melalui kerja mandiri. Hasil kerja mandiri yang telah dilakukan oleh tim Asesor diberikan kepada Ketua STIKIP untuk dikonfirmasi bersama tim akreditasi kemudian dilanjutkan penandatanganan Berita Acara oleh Pimpinan Prodi PLS, Ketua STIKIP dan kedua Asesor BAN PT.

Pelaksanaan assesmen berlangsung dengan lancar. Pertanyaan dan klarifikasi oleh tim asesor dapat dijawab oleh tim akreditasi dengan menunjukkan bukti dokumen baik cetak maupun dokumen digital yang tersimpan di google drive sesuai dengan permintaan tim asesor. Tim asesor mengapresiasi kinerja oleh tim akreditasi PLS yang sudah menyiapkan bukti dokumen sesuai dengan permintaan tim asesor sehinggga mempermudah proses assesmen.

Tim asesor memberikan masukan agar pihak kampus dapat meningkatkan kembali kekurangan yang ada di prodi PLS serta mempertahankan prestasi yang sudah ada di prodi tersebut. Hasil dari assesmen prodi PLS akan diumumkan beberapa minggu kedepan setelah melalui tahapan verifikasi BAN-PT, yaitu pemeriksaan oleh validator, dewan eksekutif dan majelis BAN-PT.

“Ketua STIKIP Catur Sakti optimis mendapatkan nilai maksimal dari hasil assesmen akreditasi prodi PLS, sehingga STIKIP Catur Sakti bisa menambah prodi-prodi baru serta beralih menjadi Universitas Catur Sakti.” pungkasnya. (*/ ted)